SYARIAH HOTEL SOLO

Jalan Adi Sucipto No 47
Solo - Central Java, Indonesia - 57175
Phone (0271) 711000 - Fax (0271) 736969

Sunday, 20th August 2017

Sertifikasi Halal

Published 14-09-2015 - 08:36 | Hits 560
lppom-mui

Diaudit MUI, Syariah Hotel Solo Menuju Sertifikasi Halal

Menjadi hotel syariah terbesar di Indonesia, tak membuat manajemen Syariah Hotel Solo lantas berpuas diri begitu saja. Kendati telah menyandang status kebanggaan tersebut, serta diperkuat dengan telah kentalnya nuansa Islami ini, lantas tak membuat manajemen Syariah Hotel Solo berpuas diri begitu saja.

Menindaklanjuti hal tersebut, pada Hari ini (Senin, red) tanggal 10 Agustus 2015, Syariah Hotel Solo mengajukan pendaftaran kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan, dan Kosmetika (LPPOM) untuk melakukan Audit Sistem Jaminan Mutu Halal.

General Manager Syariah Hotel Solo, Purwanto Yudhonagoro mengungkapkan, tidak hanya sekedar mengejar legalitas atau sertifikasi bisnis hotel secara konvensional. Namun pihak manajemen juga berkonsisten untuk memburu sertifikasi prinsip kesyariahan. Dimana jika telah mendapatkan sertifikasi halal ini, menjadi bekal manajemen untuk dapat membentuk Dewan Syariah.

“8 bulan yang lalu kami telah memiliki sertifikasi hotel konvensional yakni hotel berstandar bintang empat. Kali ini kami berkomitmen untuk mendapatkan sertifikasi prinsip syariah. Salah satunya terletak pada system jaminan mutu kehalalan produk,”ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris LPPOM MUI Propinsi Jawa Tengah, Ahmad Izzudin mengatakan pihaknya mengapresiasi positif keberadaan Syariah Hotel Solo selama lebih dari setahun ini. Pihaknya pun berharap dengan Syariah Hotel Solo mendaftarkan diri untuk dilakukan Audit Sistem Jaminan Mutu Halal, ke depan dapat membuat Syariah Hotel Solo menjadi pionir hotel syariah sebenarnya.

Izzudin mengatakan, kesiapan Syariah Hotel Solo untuk dilakukan audit Sistem Jaminan Mutu Halal  hari ini sudah cukup baik. Namun memang ada hal-hal yang perlu dilengkapi, tidak hanya aspek di dalam restaurant saja. Mengingat, kami memiliki 11 kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH) mengacu pada HAS (Halal Assurance System) 23000.

“Hasil proses audit ini sudah kami dapatkan hasilnya, selanjutnya akan kami bahas bersama pengurus MUI Jateng untuk mendapatkan keputusan finalnya. Sambil menunggu hal tersebut, kami menghimbau manajemen  untuk melengkapi dokumen, membuat standar operasional prosedur (SOP), dokumentasi, termasuk kronologi hingga penelusuran kasus secara tertulis,”pungkasnya.

 

 

 

Photo Gallery

Location